Thursday, March 18, 2010

Biogenesis


*Saya tidak bermaksud untuk menjadi musyrik dengan mempertanyakan Tuhan atau apapun secara kontroversial. Saya hanya ingin berbagi dan bertukarpikiran.


Jadi, waktu pelatihan biologi kemaren, dijelasin kalau teori biogenesis (awal pembentukan kehidupan) itu ada banyak. Salah satunya dicetuskan oleh Harold Uray yang dibuktikan oleh Stanley L. Miller.

Teorinya adalah, zaman dahulu kala atmosfer kaya akan gas amonia, metana, hidrogen, dan uap air. Lalu karena ada hantaran listrik dari halilintar dan radiasi sinar kosmos, akhirnya terbentuk organisme - organisme seperti virus dan akhirnya berkembang. Lalu teori ini dibuktikan oleh percobaan Miller dengan menganggap bahwa atmosfer dulu hanya mengandung amonia, metana, hidrogen, dan uap air, lalu dengan listrik dan suhu yang cukup, ternyata dapat menghasilkan sejumlah senyawa dasar pembentuk organisme, seperti asam amino, basa purin, pirimidin, ribosa, 2-dioksiribosa, asam nukleat, dan nukleosida seperti ATP. (source: http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_alamiah_dasar/bab5-kehidupan_di_bumi.pdf)

Pas tau tentang itu, gue kaget, kalau ternyata emang bener bisa dibuktiin, gimana jadinya kalau ternyata gue dulu beneran berasal dari situ? Dan...Tuhan itu gak ada?

Akhirnya sebelum gue berpikir terlalu jauh untuk membayangkan apa jadinya kehidupan ini sebenarnya kalau benar organisme lahir dari senyawa dan petir, gue nanya sama guru gue.

She said, iya, kemungkinannya emang ada, tapi sangat sangat kecil, 0, 0 dengan angka 0 setelah komanya tidak terhitung. Bahkan seharusnya sudah tidak diklasifikasikan lagi sebagai kemungkinan. Dan makanya, kalaupun memang benar itu yang terjadi beberapa juta tahun silam, berarti memang ada 'sesuatu' yang membuatnya terjadi, which we assume, it is God's will.

But now, maybe it becomes a little bit controversial, If really there is no God, so what would you think?

Masa ya, gue kepikiran, yang sekarang benar - benar memperlihatkan keberadaan Tuhan, adalah Al - Qur'an dan isinya, peninggalan sejarah Nabi, dan azabnya. Azab, segala sesuatu aneh yang bisa terjadi di luar akal manusia, bisa aja emang itu kebetulan saja begitu, sama aja dengan kebetulan terjadinya pembentukan protein dari senyawa gas dan listrik. Untuk Al - Qur'an dan isinya, bisa aja itu adalah sesuatu yang amat diyakini manusia - manusia pertama di bumi, yang akhirnya membuat yang namanya, Tuhan.

Duh, gue ga kuat, takut dosa. Ya gitu deh, gue sempet berpikir kayak gitu. Tapi Ya Allah, Alhamdulillah, percaya hamba-Mu ini, aku percaya pada-Mu. Walau gue juga masih suka mencari debatan tentang Tuhan yang akhir - akhirnya berhenti dan tak terbantahkan lagi, dan berakhiran, "Allahualam Bisawab", Hanya Allah Yang Tahu.

Semoga keberadaan Ilmu Pengetahuan sama Agama beneran bisa berdampingan untuk hal kayak gini, soalnya, beneran deh, yang namanya keberadaan Tuhan, bukan hal yang mudah untuk diterima dengan nalar. Benar - benar tidak mudah.

Semoga kita masih diberi kesempatan untuk terus belajar, Amin.

-crayonice



No comments:

Post a Comment