Friday, March 5, 2010

This was what happened to my hair!!

This was what happened a year ago.., in the same hair salon.., AND I STILL REMEMBER IT.

Gue udah duduk di kursi pelanggannya. Udah abis di keramas.

“Eh, yang mau maskerin gue ternyata mbak – mbak toh. Biasanya cowo. Orang baru? Ah gue belom pernah liat aja mungkin, ya sudahlah.” dalam hati gue.

“Mau dimasker ya mbak? Tanya si mbak cewe itu.

“Iya.” Jawab gue singkat.

Lalu dia mulai mengoleskan krim masker itu ke rambut gue. Dan..caranya agak aneh. Beda aja sama biasanya. Ah, yang penting rambut gue keoles semua, gapapalah, pikir gue.

Awalnya biasa aja, terus tiba2 dia mijit kepala gue.

“Kekencengan ga mbak pijitannya?” Tanya si mbak itu

“Gak kok, cukup. Kencengan dikit aja lagi.” Pinta gue. Karena pijitan dia ga ngaruh apa2 ke kepala gue.

EH BUSET, dia mijet udah kayak orang sakau. Sakit banget kepala gue. Tapi karena gue pikir itu salah satu tahap dari prosedur, ya gue ga masalah. Sampe tiba – tiba..

(sreet..) “…wah, rontok banyak banget ya mbak..?” sambil dia narik tangannya dari kepala gue, menggenggam sesuatu..

Gue yang ga bisa liat apa – apa karena ga pake kacamata juga ga bisa ngeliat dia bahkan lewat cermin depan gue. Tapi gue bisa ngeliat helai – helai rambut gue…,banyak, ada di tangan dia. Gue gak mau pake kacamata buat memperjelas. Gue shock.

Dan alhasil, rambut gue menjadi sangat, amat, sangat tipis. Gue udah mau nangis aja sampe – sampe rumah. Temen – temen sekolah gue pun menyadari itu. Itu kecelakaan. Dan gue pikir, memang rambut gue yang ga kuat dengan tarikan dan pijatan kuat sang mbak tadi.

Keluarga gue sadar, bahkan keluarga besar gue sampe nenek, tante, om, lalalala. Gue yang udah ga tau mau ngapain, yang udah ngejaga banget rambut tapi tetep aja rontok, yang jadi rajin keramas setiap rambutnya kusut parah dan gue TAKUT NYISIR, tapi hasilnya, tetep aja rontok. Malah makin parah.

Akhirnya nenek gue ngasih gue saran buat pake natur-E, sampo alami buat rambut rontok. Tadinya gue takut, ganti merek sampo malah bikin rambut gue tambah rusak. Tapi demi rambut gak rontok~! Gue mulai pake natur-E, dan pertama kalinya gue pake, rambut gue langsung ngembang. Tapi keras. Jadi ga lembut. Kaku. Makin takut aja gue nyisir. Akhirnya gue balik lagi ke sampo awal yang mana di saat pergantian sampo itu, rambut gue makin rontok lagi.

Gue makan semangka banyak – banyak di rumah nenek gue hanya buat ngumpulin kulit semangka buat digosok – gosok ke kulit kepala gue. Katanya sih bisa menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Dan karena itu sangat alami dan nenek gue punya kisah asli kemujaraban tuh semangka, gue coba pake. Eh, pas digosokin ke rambut yang ada makin rontok! Abis digosok – gosok semangka masih musti dikeramas dulu. MAKIN RONTOK. Stress banget gue parah

Akhirnya gue dibawa ke tukang pijit kesehatan layanan nenek gue. Dan yang biasanya gue dateng buat pijit anggota badan gue kayak kaki, perut, punggung, tapi gue akhirnya dateng cuma buat minta pijitin kepala gue. Abis dia pijit, enak sih, emang pas dipijit ada yang jatoh – jatohan rambut gue, tapi ga banyak. Dan abis itu walau gue perlu keramas, rontoknya ga banyak. GUE MENEMUKAN SECERCAH HARAPAN, gue pikir. Sampe ternyata cari waktu buat ketemu si tukang pijit aja susah banget. Ga bisa, ga efektif caranya.

Hari – hari berlalu, kesetresan gue naik turun. Gue sampe rela ga keramas berhari – hari demi biar ga rontok pas keramas. Gue rela rajin nyisir biar ga ada yang kusut kalau nanti berantakan dan perlu disisir.

Akhirnya gue pasrah. Tuh rambut gak gue pikirin lagi. Bodo amat dah tipis juga.. Semoga sehat lagi suatu saat rambut gue, gue pikir. Makin kesini makin kerasa kerontokan rambut gue berkurang, tapi masih tipis. Hahhh, yaudalah gapapa, akhirnya gue pasrah. Sering gue mau ke salon dan yang paling deket dan enak cuma salon yang tadi itu. Akhirnya karena gue juga trauma buat kesana. Pengennya sih dimasker lagi biar ga rontok tapi gue takut makin tipis.. Waktu itu pernah lagi sekali kesana, tapi cuma untuk potong rambut. Gak mau masker, gue takut.

Sampai hari ini, gue memutuskan untuk kesana lagi. MASKER, dan gunting rambut. Rambut gue udah lepek parah. Gara – gara midtest chemistry kemaren bikin stress, dan gue belajar mati-matian, rambut gue rontok. Jarang – jarang selama akhir – akhir ini. Kesimpulan gue, rambut gue rontok karena gue sukka stress. Akhir – akhir ini gue lagi hepi – hepi aja jadi ga rontok. Yes. Dan gue pikir gue bener – bener butuh masker sekarang, semoga hari ini rambut gue gapapa.

(Cklek), masuk ke salon

Tukang salon 1: Ya mbak?

Gue: Mau masker ya mas

Tukang salon 1: Oh iya iya, kesana aja mbak

Tukang salon 2: Ayo mbak kesini, dicuci dulu

Gue: Iya

Gue duduk ditempat cuci rambut

Tukang salon 2: Mau dimasker ya mbak?

Gue: Iya mas

Tukang salon 2: Mau dimaskernya pake apa?

Gue: Adanya apa aja? Apa aja deh mas buat rambut rontok

Tukang salon 2: Oh.. Yaudah kiwi aja ya

Gue: Oke mas gapapa

Tukang salon 2: Oh iya ya mbak, rontok ya, rambutnya tipis

Gue: Iya tuh mas, keturunan juga sih

Tukang salon 2: Oh.. Eh masker kan ya mbak? Ga dipijit ya mbak ya?

Gue: Eh? Iya.. (hah? Maksud?)

Tukang salon 2: Kalau dipijit itu creambath. Masker ga boleh dipijit.

Gue: (SHOCK, oh God, jadi waktu itu?? Kenapa gue pijit super orang sakau gitu?!) Oh? Iya mas hehe

Tukang salon 2: Iya tuh suka banyak yang salah, minta dipijit padahal itu masker, bukan creambath. Masker dipijit mah..

Gue: (GLEK, eh gila, MALPRAKTEK apa dulu gue?)

Tiba saat pemaskeran..

Tukang salon 1: Masker ya mbak..

Gue: Iya (udah bĂȘte gue)

Tukang salon 1: Tapi ga dipijit ya? Masker ga boleh pijit

Gue: (ELAH, diulang2 melulu deh?? Gue curiga tuh mbak2 malpraktek waktu itu udah makan korban banyak sampe ini mas2 tukang salonnya takut masalahnya terulang jadi sensitif banget sama kata masker!) Iya mas, gausah gapapa

Tukang salon 1: Iya, kalau masker dipijit, hehe malah tambah rusak yang ada

Gue: (JGERRRRRRR, pengen gue buka aib tuh mbak2 rekan kerja dia yang udah malpraktek dengan MIJIT KEPALA + RAMBUT gue dengan KERAS saat MASKER) …*pengen senyum namun tak mampu*

Hati – hati terhadap malpraktek, kapanpun dimanapun. Karena malpraktek bisa terjadi bukan karena hanya niat pelakunya, namun juga KETERBATASAN ILMU sang pelaku. Waspadalah, waspadalah.

-crayonice

No comments:

Post a Comment