Saturday, March 20, 2010

Bukan Salahkan Keadaan, Kreatif Siasati Keadaan


Gue lupa gue denger kata - kata ini darimana. Kayaknya kakak kelas gue.

Entah kenapa sekarang gue baru kerasa arti maksudnya.

Well, walaupun belum sepenuhnya gue bisa ngelakuinnya, I mean, mensiasati keadaan.

Yang gue rasa dari kalimat itu, kayak..ya, seharusnya emang kita ga nyalahin keadaan.

Keadaan emang dari sananya begitu. Gak bisa diapa2in.

Contoh simpel aja, misal lo harus bawa teko ke suatu tempat, saat itu juga. Isinya air panas.

Terus lo pegang tekonya, kepanasan.

Kalau lo nyalahin keadaan, lo cuma bakal meringis dan bilang lo gak bisa bawa tekonya, "karena panas."

Teko itu emang panas. Mau diapain?

Berpikirlah kreatif. Pake kain lap misalnya dipegang biar ga panas. Itu, namanya mensiasati.

Atau misal ga ada kain, pake tatakan lain di bawahnya, pake nampan gitu.

Atau ditiupin biar ga panas? Atau apapun.

Contoh kecil di hidup kita sebenernya kalau kita bisa, mensiasati keadaan.

Hanya memang manusia, kalau udah ketemu hal susah, jadi gak mau susah.

Salahin aja keadaan, karena keadaan gak bakal nyalahin balik.

Tapi apa? Orang lain yang terkena dampaknya yang akan nyalahin lo balik. Karena keadaan gak bisa mengaku salah dan membela lo di depan mereka.

Untuk apa nyalahin sesuatu yang emang sebenernya gak salah?

Ada kalanya sih emang memang PASTI salah keadaan.

Seperti yang pernah seseorang katakan ke gue. Misalnya, lo lagi telponan sama orang, masalah yang penting banget. Tiba2 koneksi terputus karena emang sinyal atau operator bermasalah. Terus urusan serius lo jadi ga bisa lanjut. Kepotong ditengah2, dan jadi masalah besar.
Itu, baru gak bisa dipungkiri kalau emang itu salah keadaan.
Yang bisa dilakuin ya, liat positifnya dan bertindak sewajarnya menghadapi masalah kayak gitu.
Masalahnya, antara 2 orang itu emang gak ada yang salah kan?

Well, hidup itu ribet, di mata orang yang ribet. Dan simpel, di mata orang yang simpel.

Itu mengapa bumi berbentuk bulat.

Tidak ada titik sudut yang pasti untuk melihat dunia.

Dimana orang itu berdiri, itulah dunia yang dilihatnya.

- crayonice

No comments:

Post a Comment